Sepeda motor pertama di buat oleh ahli mesin Jerman Gottlieb
Daimler tahun 1885 ketika dia memasang sebuah mesin dengan pembakaran sempurna
pada sebuah sepeda kayu yang dia desain sendiri. Sepeda tersebut memiliki empat
roda, termasuk dua roda tambahan (seperti roda pada sepeda anak-anak).
Putra Daimler menjadi orang pertama yang mengendarai sepeda
motor ketika dia mencoba kreasi ayahnya tersebut pada tanggal 10 November 1885
dengan kecepatan mendekati 10Kpj.
Beberapa model sepeda motor kemudian di perkenalkan di
Jerman, Perancis dan Inggris dengan fokus pengembangan pada kepraktisannya
sebagai alat transportasi.
Tahun 1903, Arthur Davidson dan saudaranya Walter bersama
tetangganya William Harley membuat motor Harley-Davidson yang pertama. Setahun
kemudian mereka mulai memproduksi sepedamotor untuk di jual. Tahun 1909
Harley-Davidson mengenalkan mesin V-Twin yang pertama, yang memiliki dua
silinder dengan konfigurasi seperti huruf “V”. Mesin tersebut memiliki suara
yang besar, bergemuruh dan terkesan jantan, tak lama mesin tersebut menjadi
mesin Amerika klasik.
Selama tahun 1914, bentuk dasar dari sepedamotor modern
mulai terbentuk. Bentuk tersebut meliputi peletakan mesin di antara roda depan
dan belakang dan sebuah rantai untuk mentransger tenaga dari mesin ke roda
belakang.
Selama PD I (1914-1918), sepeda motor terbukti sebagai
sarana transportasi yang tangguh bagi militer Amerika dan Eropa, mampu
mengurangi beban jalan raya dan mampu membawa alat komunikasi jauh lebih ke
depan garis pertempuran. Sesudah perang, penggunaan sepeda motor menyebar luas
ke Eropa dan Amerika.
Sampai tahun 1950-an, kebanyakan sepedamotor di Amerika
utara di produksi oleh Harley-Davidson atau oleh perusahaan Inggris seperti
Birmingham Small Arms Company (BSA), Norton, dan Triumph.
Periode 1960 dan 1970, perusahaan Jepang seperti Honda,
Kawasaki, Suzuki, dan Yamaha, mulai memperkenalkan sepedamotor dengan
pengembangan pada mesin dan suspensi dan mereka mampu bersaing dengan produsen
motor yang sudak lebih dulu ada. Kelak, sepedamotor dengan mesin 4 langkah 750
sampai 1200 cc yang bertenaga besar produksi mereka akan mendominasi pasar
sepedamotor jalan raya, sementara mesin 2 langkah yang ber-cc 250 sampai 500
akan menguasai pasar sepedamotor off-road.
0 komentar:
Posting Komentar